Rini Inggriani as Nisrina Mumtaz

Bersegera dan Bergeraklah!!

10 Tahun Sudah…

28 Januari yang lalu, adalah milad kakak mentorku dulu. Kakak mentor pertama kaliku dulu, ketika aku duduk di bangku smp kelas 1. Yap, miladnya T’Ratna. Yang ke 29. Di hari itu, aku jadi berfikir. Aku jadi menyadari sesuatu. Dulu, ketika aku pertama kali bertemu T’Ratna, saat itu aku berusia 12 tahun, dan T’Ratna 19 tahun. Tahun ini, T’ratna sudah berusia 29 tahun, dan sebentar lagi, usiaku sudah 22 tahun. Subhanallah… Sudah 10 tahun aku mengenal dakwah SMP!!! Sudah sejauh apa kontribusiku untuk dakwah yang telah mengenalkanku pada indahnya Islam ini???!! Aku jadi banyak berfikir dan memiliki banyak cita-cita!! Seharusnya, waktu 10 tahun ini aku bisa melakukan amal-amal yang luar biasa untuk kemajuan dakwah SMP ini! Setidaknya, untuk SMP ku sendiri! Walaupun memang saat ini aku masih memegang dakwah di SMP ku, tetapi, aku tahu, belum banyak yang kuhasilkan. Hehe… jadi malu juga!! Yap!! Tidak ada kata terlambat untuk bercita-cita, kan? Beberapa saat yang lalu memang aku telah berazzam untuk Futuh DS Kota Bandung 2014. Yah.. walaupun sudah direvisi! Sekarang aku sedang menata langkah untuk Futuh DS kota Bandung 2012! Ada alasannya nih kenapa jadi maju 2 tahun.. Hmmm… Mungkin nanti akan kuceritakan alasannya. Tapi, walaupun telah mengalami revisi jadi 2012, insyaallah yang ini akan lebih mantap!! Karena kini aku menyadari bahwa sudah 10 tahun aku mengenal dakwah SMP ini, maka cita-citaku itu semakin tertanam dengan kuat dalam hati dan fikiranku saat ini!! Yap!! Ini waktunya untukku untuk segera membenahi langkah2ku dan membuat strategi dan meluncurkan manuver2 untuk kemajuan dakwah ini! Ini saatku untuk beramal lebih banyak lagi, lebih berkualitas lagi!!!

February 1, 2009 Posted by | Uncategorized | Leave a comment

Bersiap Menuju 2012!

Beberapa waktu yang lalu, aku punya rencana untuk futuh DS kota Bandung 2014, tapi, ternyata kata salah seorang tetehku, itu kelamaan. keburu aku punya anak 2 katanya.. hehe…
Iya juga sih, memang kelamaan. Tapi waktu itu aku mengukur kapasitas diriku. Dengan kekuatan seperti ini, berapa besar yang bisa kuusahakan. Tetapi, mau gak mau aku juga jadi meninjau ulang rencanaku… Yah, jika kemenangan itu bisa diikhtiarkan untuk lebih cepat-karena pertolongan Allah, tentunya..- kenapa tidak??
Sekarang aku akan mensosialisasikan mimpiku ini!! Agar aku tidak bergerak sendiri. Bergerak bersama untuk satu cita!
Insyaallah!!

January 19, 2009 Posted by | Dakwah Sekolah | Leave a comment

Palestina dalam Inginku

Aku teringat dialog antara aku dan teman sebangkuku ketika aku masih duduk di kelas 2 SMAN 3 Bandung dulu.

Temanku bertanya, “Rin, seandainya kita bisa memilih mau dilahirkan di negara apa dan berkebangsaan apa, kamu mau jadi orang apa?”. Saat itu, aku tidak perlu waktu yang banyak untuk memikirkannya. Aku sudah tahu jawabanku.

Dengan mantap kujawab, “Palestina”. Aku tidak ingat benar, ketika itu temanku bilang dia ingin dilahirkan berkebangsaan apa, seeingatku sih Inggris, apa Jerman gitu… Pokonya kalo gak salah negara Eropa.

Kini aku kembali mengingat percakapan itu. Yah, takdirku memang bukan untuk dilahirkan menjadi seorang berkewarganegaraan Palestina. Takdirku adalah disini.

Tahu, kenapa jawabanku adalah Palestina?

Yah.. aku rindu! Aku merindukan tanah itu! Tanah yang menyediakan medan jihad di depan mata! Semua orang berebut menjemput kesyahidannya! di tanah itu…!!!

Tapi, mungkin aku belum mencapai kapasitas untuk itu. Makanya Allah menentukanku untuk tidak dilahirkan disana. Tapi, aku yakin, ini adalah skenario terbaik yang Allah berikan untukku.

Walaupun aku tidak dilahirkan menjadi seorang Palestina, tetapi, akan kubuktikan, bahwa aku akan berusaha untuk berjihad dalam medah jihad yang Allah berikan untukku, disini, dan akan kujemput kesyahidan itu, di Bumi Allah ini!!

Teruntuk saudara2ku di Palestina : Aku mungkin tidak bisa banyak berbuat, yang bisa kulakukan hanya berdo’a. Tetapi, Al-Haq pastilah menemukan jalannya.  Al-Haq akan menemukan kemenangan yang dijanji. Hingga saat itu tiba, yakinlah bahwa Allah bersama hambaNya.

January 11, 2009 Posted by | Kisahku | Leave a comment

New Azzam!!!

Ah..

Aku memang masih jauh dari kualitas itu

Kualitas taqwa.

Tapi, aku tidak ingin berdiam diri

Aku ingin selalu bergerak!!

Aku ingin mendinamiskan kehidupanku!

Mendinamiskan ilmuku, amalku, azzamku!!

Dan.. kini kudinamiskan azzamku dengan satu azzam baru!!

Satu azzamku kini..

Menjadi ahlul Qur’an!!

Menjadi orang yang mampu berinteraksi dengan Al-Qur’an,

Istiqamah dalam membacanya..

mentadabburinya…

menghafalnya…

dan terlebih lagi…

mengamalkannya…

(sebenernya… ini azzam dari dulu, tapi… ga ada salahnya diperbaharui, kan???)

January 8, 2009 Posted by | Kisahku | Leave a comment

Masih UAS!!!

Ini minggu kedua UASku..
Tapi, sebenarnya.. dari UTS kemarin, perasaanku ujian ga pernah selesai-selesai..
Niatnya setelah UTS kemarin aku bisa focus ke yang lain, misalnya TAku..tapi, ternyata..ujian datang terus-menerus.. Ujian akademis maksudnya…=D
Ujian praktikumlah, UTS 2 lah….. Bener-bener ga abis-abis… Sampai tiba-tiba sudah waktunya UAS lagi…
Atau mungkin akunya aja yang masih lalai dalam manajemen waktunya yah?
Masih termasuk dalam orang-orang yang merugi, nih… Belum bisa memanfaatkan waktu yang diamanahkan padaku..
Semoga UASku ini menjadi medan pembuktianku… Medan jihadku.. Yap!! Seperti tulisanku dulu.. UAS=Untuk Allah Saja!!
Ya Allah.. Mudahkan aku dan berikanlah aku yang terbaik… Amin

January 8, 2009 Posted by | Uncategorized | Leave a comment

Aku dan KRM

Takkan pernah bosan aku menceritakan tentang

KRM-ku..

KRM kami..

KRM kita..

Takkan pernah bosan juga diri ini bercerita tentang berjuta mimpi dan harapku di KRM…

KRM adalah cintaku..

KRM adalah citaku..

KRM adalah mimpiku..

KRM adalah perjuanganku..

KRM adalah langkahku..

Ka---eR---eM

KRM ADALAH KEBERSAMAAN!!

Bersama meniti hari penuh perjuangan!!

Berharap untuk lahirkan sosok-sosok yang istimewa…

dimulai dari tempat ini..

dari dakwah ini…

January 2, 2009 Posted by | Dakwah Sekolah, KRM | 2 Comments

LKO ITSAR Akhir 2008

Kenapa LKO ITSAR akhir 2008??

hehe…

Jadi, ternyata dan ternyata… Tahun ini ITSAR melaksanakan 2 kali LKO. LKO di awal tahun 2008, yaitu dari tanggal 2-4 Januari 2008, dan di akhir tahun 2008, yaitu kemarin, dari tanggal 29-31 Desember 2008.

Subhanallah… Kami memulai dan mengakhiri tahun 2008 dengan LKO!!!

LKO ITSAR akhir 2008 kemarin, bagiku menjadi sarana yang cukup untuk men-charge semangatku untuk tetap berada di dakwah sekolah ini!

Kami mendapatkan lulusan-lulusan LKO yang siap untuk beramal di dakwah sekolah SMP nya masing-masing, insyaAllah..

Kader-kader yang siap menuliskan lembaran kertas amal dengan tinta emas perjuangan mereka!!

Selama 3 hari itu, aku pergi pagi, pulang sore.. Ya iyalah.. acaranya sendiri dimulai jam 7 pagi sampai jam 4 sore..

Lelah? Jangan ditanya! Itu sudah jelas! Panitia dan peserta pasti mengalami kelelahan! Tapi.. apa yang kudapat sudah lebih dari cukup untuk membayar kelelahan itu! Bahkan, kelelahan itu menjelma menjadi sebuah kenikmatan yang luar biasa!!

Allah banyak memberikan pertolonganNya..

“Bersegeralah, karena waktu takkan menantimu”

“Bergeraklah, karena diam berarti kematian”

-Menuju kefutuhan Dakwah Sekolah Kota Bandung 2014 (Insya Allah)-

January 1, 2009 Posted by | Dakwah Sekolah, ITSAR | Leave a comment

Tarbiyah Allah

Cara Allah memberikan tarbiyahNya kepada hamba-hambaNya itu berbeda-beda. Allah mengetahui apa yang hambaNya butuhkan saat itu. Aku baru saja merasakan salah satu bagian dari tarbiyah Allah.
Ah..Kurasa Allah saat ini memang sedang mengingatkanku. Allah sedang berkata padaku.
“Rin, jangan sombong atas apa yang telah kamu capai saat ini…”
“Apa yang kamu lakukan itu, baru hal yang sangat sangat kecil…”
“Jangan merasa sudah melakukan segalanya..”
Tarbiyah Allah ini kudapat di Liga ITSAR. Aku tahu, banyak kekuranngan yang ada dalam LIGA kemarin2. Aku sebagai alumni, merasa paling bertanggung jawab. Setidaknya, membuatku banyak berfikir kembali. Pulang dari Liga kemarin, yang kulakukan adalah mengeksplor hikmah-hikmah yang begitu bertebaran. Sekarang, kubagi hikmahnya disini :
Persiapan dalam menyelenggarakan acara itu sangat penting.


Pastikan panitia mengerti apa yang harus dilakukan dalam acara.


Koordinasi itu penting.


Pastikan semua mengerti tujuan dari pelaksanaan kegiatan. Karena tujuan adalah hal yang sangat penting. Tujuanlah yang mendasari keta dalam melaksanakan kegiatan.


Untuk teman-teman yang sedang bergerak dalam dakwah sekolah, terutama DS SMP, adik-adik kita sangat membutuhkan pendampingan kita, misalnya dalam kepanitiaan. Lain halnya dengan adik-adik di SMA, mereka sudah lebih mandiri.

Kita ini makhluk yang penuh dengan keterbatasan. Jangan pernah merasa besar kepala dengan apa yang telah kita lakukan.


Komitmen alumni dalam dakwah sekolah merupakan hal yang penting.
Aku bisa melihat bahwa energi yang dimiliki adik-adikku begitu besar.


Dll……


Allah itu sedang menguatkan kamu, Rin… Insya Allah…

January 1, 2009 Posted by | Kisahku, Renungan | Leave a comment

LIGA ITSAR 2008

Tanggal 25 Desember kemarin LIGA ITSAR 2008 diadakan di SMPN 2 Bandung. Liga ITSAR itu berisi lomba-lomba yang dipertandingkan antar 5 SMP anggota ITSAR. Lomba-lombanya sebagian besar berupa pertandingan olahraga. Ada futsal, bulutangkis, basket, catur, lomba masak, cerdas cermat, dan pos-posan. Liga dimulai seharusnya jam 7 pagi, tapi… telat.. Hehe..
Mau tahu gimana ramainya LIGA ITSAR kemarin?
Kayak gini nih…
Ini lagi pertandingan basket antara KAMUS 13 dan KRM 2 akhwat…
Masukkin bolanya!!

Nah… yang ini lagi lomba masak…

masak yukk

LIGA kali ini menghasilkan juara umum ROHANI 554 dari SMP 5 Bandung!! Allahu Akbar!! Menggeser sang juara umum tahun lalu, yaitu KAMUS 11.
Di liga kali ini, banyak sekali yang kudapat. Apa itu? Banyak banget. Mungkin akan kuceritakan, tapi bukan di tulisan yang ini.. Coming soon.. hehe… Insya Allah.

January 1, 2009 Posted by | Dakwah Sekolah, ITSAR | Leave a comment

Apa Kabar?

Apa kabar IMAN?
Semoga sedang menapak TINGGI!
Apa kabar CINTA?
Semoga sedang tak MENDUA!
Apa kabar HATI?
Semoga sedang tak MATI!

Sepertinya pertanyaan-pertanyaan ini memang harus selalu kutujukan pada diriku setiap harinya. Agar aku tahu, bagaimana kondisiku setiap harinya. Kondisi keimananku, cintaku, dan hatiku.
Iman…
Sesuatu yang kadang naik, kadang turun.
Kitalah yang bertanggung jawab atas kondisi keimanan itu. Kitalah yang harus berusaha menjadikan kondisi keimanan kita dalam kondisi yang selalu tinggi. Ketika keimanan turun, kitalah juga yang harus membangkitkannya kembali.

Cinta..
Sesuatu yang abstrak, yang bahkan hingga saat ini aku masih sulit untuk mendefinisikannya.
Tapi, satu hal yang kutahu dengan jelas, bahwa tak pantas kita menduakan cinta pada Rabb dengan cinta yang lain selainNya…

Hati…
Seperti iman yang terkadang naik atau turun. Hati adalah sesuatu yang begitu mudah untuk berubah. Hati sangat menentukan bagaimana kondisi pemiliknya.. Jika hati baik, maka baiklah orang itu, tapi, jika hati itu mati, seperti itulah kondisi pemiliknya.

Maka.. jadikanlah iman kita meninggi setiap waktunya, cinta dan hati kita terpaut hanya padaNya..
Yaa Muqallibal Quluub.. Tsabbit Qalbii ‘ala diinik…

January 1, 2009 Posted by | Renungan | Leave a comment